Music

Sabtu, 22 September 2018

Tugas 5

Mengenal kecepatan akses internet

A. Pengertian Akses Kecepatan Internet 

Image result for kecepatan akses internet

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu dpwnstream dan upstream. Downstream merupakan kecepatan pada saat itu mengambil data data dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain lain. Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. 

Kecepatan akses internet di hitung dari jumlah data yang dikirimkan dalam satuan waktu. Jika kita mengirimkan 1kb file/detik, berarti kita telah mengirimkan 1000 byte, dengan 1 byte = 8 bit maka data yang dikirim sama dengan 8000 bit = 8 kbps kilo bit per sekon. Untuk satuan yang lebih besar menggunakan Mbps  mega bit per sekon berarti 1000 kbps.

Apabila kita mempelajari kecepatan transfer data maka kita tidak akan lepas dari istilah istilah download, upload, downstream, upstream dan usage. Maka kita bahas arti dari istilah istilah tsb :

1. Download adalah kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan ke komputer lokal. Untuk melakukan kegiatan download, pengguna komputer harus melakukan permintaan terhadap data/file/aplikasi tersebut pada suatu halaman web.

2. Upload adalah kebalikan dari proses download. Jadi upload dapat diartikan sebagai kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari komputer lokal ke internet (server).

3. Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan download dengan kecepatan maksimum sampai dengan 284/512 Kbps.

4. Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan upload dengan kecepatan maksimum sampai dengan 64 Kbps.


B.  Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Saat kita mengakses internet kadang terasa cepat dan kadang terasa lambat. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet tersebut. Koneksi internet menggunakan banyak perangkat dari penyedia layanan yang berbeda. Faktor faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet adalah :

1. Unit Komputer

Komputer sangat berperan dalam kecepatan akses internet karena didalam komputer ada harddisk, RAM, dan Processor yang berperan penting pada proses kerja komputer tsbt. Bila Hardisk yang dipakai berkecepatan rendah maka kecepatan akses internet pun juga rendah, begitu pula bila menggunakan RAM / Processor yang berkecepatan rendah.

2. Modem

Modem mempunyai kecepatan yang berbeda beda. Modem yang sering digunakan adalah modem yang berkecepatan 56 Kbps.

3. Besar Bandwidth

Bandwidth adalah luas / lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bradwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP, maka semakin cepat pula akses internet.

C. Cara Mengukur Kecepatan Akses Internet

1. Jika komputer anda berada dalam suatu jaringan dan semua komputer terhubung dengan internet, lebih baik pastikan komputer yang lain tidak sedang melakukan download / upload dan lebih baik lagi dimatikan komputer selain server.

2. Sebaiknya anda melakukan koneksi internet pada PC router / server saja tidak memungkinkan mematikan komputer yang lain. Anda hanya tinggal menonaktifkan jaringan lokal.

3. Pastikan komputer anda bersih dari gangguan semua virus, spam atau spyware.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 4 Semester 2

L AYANAN YANG ADA DI INTERNET   Layanan di Internet Internet bukan hal yang aneh, mewah ataupun baru di dunia masa kini. Internet s...