Music

Jumat, 21 September 2018

Tugas 3

Jaringan komputer


Perangkat keras jaringan komputer : 




1. Komputer server :

Image result for komputer server

Komputer server merupakan salah satu perangkat yang sangat penting karena server merupakan pusat dari jaringan komputer. Semua data penting yang nantinya akan disebarkan melalui jaringan internet semuanya berada pada komputer server. Komputer server ini nantinya akan saling terhubung dengan komputer komputer client, yang dapat mengakses data dari server tersebut. 


Fungsi utama :

Sebagai database informasi yang nantinya akan dikirimkan d tersan juga disebarkan oleh jaringan. Semua data tersebut akan ditransmisikan melalui sistem jaringan agar nantinya dapat sampai ke komputer client. Kecanggihan fungsi CPU pada komputer server ini sangat penting dalam menunjang keandalan jaringan agar tidak terjadi komputer sering hang.


2. Network Interface Card (NIC)


Image result for network interface card
Dikenal dengan istilah Ethernet Card atau lebih populer dengan istilah LAN Card. Adalah kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer dengan sebuah jaringan LAN.

Fungsi utama :

Dengan adanya ethernet card ini, maka setiap komputer bisa saling terhubung kedalam jaringan dengan menggunakan koneksi kabel. 


3. Modem
Image result for modem

Modem merupakan kepanjangan dari modulator dan demodulator. Secara harafiah itu berarti modem merupakan suatu bentuk komunikasi dua arah yang dimana modem bisa melakukan proses perubahan data sinyal digital menjadi analog, dan kemudian bisa merubah kembali sinyal tersebut menjadi digital agar bisa digunakan didalam komputer.


4. Hub

Image result for hub

Fungsi utama dari hub adalah untuk membagi jaringan dari satu server menuju ke client komputer dalam satu jaringan, terutama jaringan LAN alias lokal. Secara teoritis, hub sendiri adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang merupakan suatu central connection pointpada suatu jaringan, yang berfungsi untuk menerima sinyal dari server atau host dan kemudian mentransmisikannya ke client yang akan membentuk suatu jaringan.


Fungsi Hub :

- Membuat jaringan lokal dari beberapa komputer
- Mentransmisikan jaringan, terutama LAN
- Penguat sinyal dari suatu jaringan
- Mempengaruhi proses konektivitas antar jaringan


Manfaat jaringan komputer : 

1. Resource sharing
2. Saving money
3. High reliability (kehandalan tinggi)
4. Meningkatkan komunikasi
5. Berbagi informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 4 Semester 2

L AYANAN YANG ADA DI INTERNET   Layanan di Internet Internet bukan hal yang aneh, mewah ataupun baru di dunia masa kini. Internet s...